Jumat, 30 November 2012 - 04:51:32 WITA

Hubungan Kreativitas Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa SMK Negeri 4 Manado

 

Penulis : Syela I. I. Mudeng

NIM : 08 311 101


ABSTRAK

 

SYELA I. I. MUDENG. 2012. Hubungan Kreativitas Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa SMK Negeri 4 Manado.

Pembimbing : Drs. H. E. Polii, ST, M.Si dan Drs. J. T. Togas , MSEE

 

            Bangsa Indonesia adalah salah satu bangsa yang terus mengupayakan pembangunan perbaikan dalam hal ini dunia pendidikan. Di dalam dunia pendidikan, kreativitas ddan motivasi belajar siswa sangat penting untuk digali dan di tanamkan. Karena kreativitas dan motivasi belajar siswa akan mempengaruhi prestasi belajar. Seseorang yang dikatakan kreatif yaitu dia yang mampu menciptakan hal-hal yang baru dan unik, dan motivasi adalah hasil atau tibul dari dalam diri sendiri, sedangkan prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang teah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dan kemudian akan diukur dan dinilai yang kemudian diwujudkan dalam angka atau pernyataan.

            Berdasarkan uraian diatas maka penulis berkeinginan untuk mengadakan penelitian, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas dan motivasi dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa SMK Negeri 4 Manado.

            Metode yang digunakan adalah korelasi dengan ukuran sampel 30 siswa. Instrumen penelitian kreativitas dan motivasi belajar berbentuk angket sedangkan prestasi belajar berbentuk tes.

            Setelah mengadakan penelitian, maka dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas (X1) dengan prestasi belajar (Y). Dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis korelasi dengan X1 dengan Y sebesar rx1y = 0.504 tergolong cukup kuat. Sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya hubungan variabel X1 dengan Y atau koefisien determinan = r2 x 100% atau 0.5042 x 100% = 24.40%. (b) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi (X2) dengan prestasi belajar (Y). Dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis korelasi dengan X2 dengan Y sebesar rx1y = 0.535 tergolong cukup kuat. Sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya hubungan variabel X2 dengan Y atau koefisien determinan = r2 x 100% atau 0.5352 x 100% = 28.62%. (c) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas (X1) dan motivasi (X2) dengan prestasi belajar (Y) secara bersama-sama. Dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis korelasi ganda, dimana R adalah 0.580. sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya hubungan variabel X1 dan X2 secara simultan dengan Y atau koefisien determinan = r2 x 100% atau 0.3692 x 100% = 33.64%

 

Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

 


Dibaca: 1132 kali

Jika Penulis Tidak Memiliki Alamat Email Silahkan Anda Menghubungi Admin di web.teknik.unima@gmail.com

Isi Komentar :





0 Komentar :